Cuci Tangan: Hal Sederhana untuk Memotong Penularan Covid-19

Tangan menjadi salah satu jalan penularan Virus Corona atau penyakit yang disebabkan virus ini disebut Covid-19. Kita biasanya cenderung abai menjaga tangan kita tetap bersih setelah memegang gagang pintu, menyentuh pegangan di bus umum atau kereta, atau benda-benda lain di tempat umum. Tidak bisa diprediksi tangan-tangan siapa yang menyentuh sebelumnya dan bakteri ataupun virus apa yang telah menempel pada benda tersebut. Satu-satunya cara menghindari penularan penyakit, mungkin tidak hanya covid saja, yaitu dengan menjaga tangan tetap bersih. Dengan upaya tersebut bisa lebih meminimalisir masuknya bakteri ataupun virus pada pintu masuk di tubuh seperti mata, hidung, mulut ataupun kulit. 

Tidak heran, ketika secara nasional dinyatakan ditemukan beberapa kasus positif covid-19, masyarakat berbondong-bondong memborong hand sanitizer di toko-toko. Akibatnya terjadi kelangkaan barang yang menyebabkan harga barang di mark-up sangat tinggi, terutama untuk merk hand sanitizer yang cukup populer untuk masyarakat awam ataupun yang biasa digunakan oleh tenaga kesehatan. Tidak hanya itu, alat pelindung diri seperti masker dan disinfektan juga menjadi barang buruan baru.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut akhirnya WHO merilis informasi terkait formula untuk membuat hand sanitizer berbahan dasar alkohol. Hal tersebut menjadi penyejuk ditengah kerasnya hidup untuk berebut hand sanitizer dan barang-barang yang bisa meminimalisir penularan langsung covid-19.

Banyak lab farmasi universitas ataupun kelompok-kelompok swadaya yang membuat formula hand sanitizer sendiri dan dibuat untuk disumbangkan ataupun didistribusikan dengan sistem pre-order dahulu. Hasil dari produksi ini dikemas dalam kemasan plastik mulai ukuran 30 ml atau 60 ml hingga kemasan 100 ml hingga 5 liter. Untuk kemasan kecil yang mudah dibawa biasanya menggunakan plastik dengan tutup fliptop ataupun spray, seperti kemasan hand sanitizer komersil.

Salah satu produk handsanitizer formula akhir Etanol


Selain menggunakan hand sanitizer, masayarakat sebenarnya dihimbau untuk lebih sering cuci tangan. Terutama bila sehabis bepergian, kontak dengan banyak orang ataupun sehabis mengerjakan sesuatu. Menjaga kebersihan tangan adalah selemah-lemahnya kontribusi dalam membantu memutus rantai penularan virus corona di sekitar kita.


Happy Satyani
Saya Happy, ngeblog sejak 2009, beberapa tulisan saya ada di portal jurnalisme warga: https://www.kompasiana.com/happyari https://balebengong.id/author/happy-ari/

Related Posts

Posting Komentar